Validasi Jarak Luncur Awanpanas Guguran Gunung Merapi


Created At : 2021-08-11 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Berita Kebencanaan Dibaca : 197

Magelang, 11/8/2021


Pada hari Minggu (8/8) pukul 4.58 WIB terjadi rangkaian awanpanas guguran di Gunung Merapi yang meluncur ke arah barat daya (Kali Bebeng) dengan jarak luncur 3.000 m. Teramati kolom erupsi setinggi 1.000 m di atas puncak.

Awanpanas guguran ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 20 mm dan durasi 222 detik. Pada saat kejadian, angin berembus ke barat dan menyebabkan hujan abu di beberapa lokasi, diantaranya di Pos Babadan, Krinjing, Paten, Sengi, Tlogolele, Ketep, dan Kota Magelang.

Pada tanggal 9 Agustus 2021, BPPTKG bersama tim dari UGM menerbangkan drone di alur Kali Bebeng untuk memvalidasi jarak luncur awanpanas guguran tersebut. Berdasarkan hasil pemetaan, jarak luncur terjauh adalah 3 km dari puncak Gunung Merapi.

Jarak luncur awanpanas guguran ini masih berada dalam rekomendasi daerah potensi bahaya yang sudah ditetapkan, yaitu sejauh 3 km dari puncak di alur Kali Woro, dan 5 km dari puncak untuk alur Kali Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Tingkat aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini masih tinggi. Erupsi ekslosif masih berpeluang terjadi dengan ancaman bahaya berupa lontaran material vulkanik dalam radius 3 km dari puncak Merapi.

Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun di daerah potensi bahaya yang telah ditetapkan. Tetap waspada dan selalu pantau informasi aktivitas Gunung Merapi dari BPPTKG.



Menyikapi hal diatas BPBD Kabupaten Magelang segera melaksanakan rapat koordinasi internal untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan perihal aktivitas Merapi, diantaranya adalah membuat surat edaran bagi para penambang di KRB III Merapi wilayah Kabupaten Magelang, Berkoordinasi dengan lintas sektoral untuk mengatasi dampak abu vulkanik serta senin depan berencana untuk mereview Rencana Operasi ( Renops ) bersama para pemangku kepentingan.{admin}

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara