Uji Renkon Merapi Desa Polengan Bersama Rumah Zakat


Created At : 2023-05-09 00:00:00 Oleh : Triyono Aswad Berita Utama Dibaca : 192

Magelang, 9/5/23


Diikuti oleh sekitar 50 peserta warga Desa Polengan, Kecamatan Srumbung pada Selasa (9/5) dilaksanakan uji rencana kontingensi (Renkon) Merapi yang pada tahun 2021 lalu disusun atas pendampingan dari NGO Rumah Zakat yang berkantor di Yogyakarta.

Rencana Kontingensi menjadi sebuah dokumen yang sangat penting mengingat Desa Polengan masuk di Kawasan Rawan Bencana (KRB ) II Merapi yang secara psikologis masyarakatnya tentunya mempunyai dampak yang signifikan, taruhlah kejadian eksplosive gunung Merapi 2010 silam dimana hampir semua warga Desa Polengan turun untuk mengungsi ke tempat yang dirasa lebih aman.

Rumah Zakat selaku NGO yang mempunyai salah satunya divisi tugas kemanusiaan mencoba untuk membantu masyarakat Desa Polengan dengan cara pendampingan serta pembuatan dokumen Renkon yang diharapkan menjadi pegangan serta prosedur penyelamatan erupsi Merapi bagi warga Desa Polengan.

Sebuah dokumen pada dasarnya harus di uji untuk mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat tentang sebuah penanganan , pengelolaan serta penyelamatan dari bencana terutama erupsi gunung Merapi, di sisi lain uji renkon mutlak harus dilaksanakan untuk menyempurnakan sebuah dokumen itu sendiri dan melihat bagaimana impelementasi di dalamnya, uji renkon sendiri dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Magelang menjadi 2 (dua ) bagian yaitu berupa TTX serta gladi lapang. (adminr34)


GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara