Tanah Longsor Landa Grabag dan Ngablak


Created At : 2022-06-07 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Berita Kebencanaan Dibaca : 121

Magelang, 7/6/22


Dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono S.H  pagi ini ( 7/6) jajaran penanggulangan bencana berjibaku bersama tim gabungan menuju Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag untuk melaksanakan penanganan kedaruratan tanah longsor.

Seperti yang dilansir kemarin senin ( 6/6 ) terjadi tanah lomngsor di beberapa titik di kedua Kecamatan tersebut setelah hampir seharian sejak siang Kabupaten Magelang di guyur hujan dengan intensitas sedang-lebat dan berdurasi lama.

Awal mula Pusat Pengendali Operasi ( Pusdalops ) BPBD Kabupaten Magelang mendapatkan laporan dari TRC Kecamatan Ngablak bahwa terjadi beberapa tanah longsor disana yang diantaranya merusak rumah penduduk, saat itu satgas langsung turun ke lokasi untuk melaksanakan penanganan kedaruratan dan koordinasi dengan pemerintah desa setempat namun karena kondisi sudah memasuki malam dan cuaca tidak bersahabat tim dari BPBD Kabupaten Magelang ini hanya bisa menyelesaikan di beberapa lokasi dan sisanya ditangani pada hari ini, selasa (7/6).


Dari data rekap yang dirilis oleh sistem informasi kabupaten ( sikk ) milik BPBD Kabupaten Magelang tercatat ada 15 titik kejadian dengan rincian kerusakan rumah ada sekitar 8 unit dan sisanya adalah ancaman longsor kembali serta material longsor menutup akses jalan penghubung.

Dari kajian yang dilaksanakan langsung oleh Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono S.H permasalahan di lapangan bukan saja ditengarai oleh faktor alam namun karena dalam  penataan ruang yang masih belum memperhatikan keamanan dari ancaman bencana untuk itu beliau akan memberikan arahan dengan menerbitkan surat edaran yang meminta pemerintah desa untuk lebih dahulu membuat kajian resiko sebelum membangun sesuatu hal dan ini sangat penting dalam rangka mitigasi bencana.

Selain melaksanakan kajian, koordinasi, penanganan kedaruratan BPBD Kabupaten Magelang juga mensupport pemerintah desa dengan memberikan bantuan logistik untuk kerja bakti maupun KK terdampak.

Inilah hasil rekap kejadian tanah longsor pada hari kemarin yaitu di Kecamatan Ngablak adalah Desa Pagergunung, Keditan, Jogoyasan, Seloprojo dan Girirejo sedangkan di Kecamatan Grabag ada Desa Tirto dan Banjarsari, bagi masyarakat yang ingin membaca detailnya bisa mengunjungi sistem informasi kebencanaan di http://sikk.bpbdmagelang.id/ ( admin r34 ).


GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara