Tanah Longsor di Awal Tahun 2023


Created At : 2023-01-06 00:00:00 Oleh : Triyono Aswad Berita Kebencanaan Dibaca : 208

Magelang/6/1/23



Prakiraan cuaca dari BMKG yang menginformasikan tentang anomali cuaca di puncak musim hujan 2022/2023  dan meminta masyarakat tetap siaga terutama menghadapi bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, cuaca ekstreem dan banjir memang harus menjadi acuan untuk membangun kesiapsiagaan.

Pada Bulan Desember 2022 kemarin saja dalam 1 rentang waktu Kabupaten Magelang pernah menangani kasus tanah longsor di sekitar 40an titik dan pada bulan januari 2023 ini sepertinya ancaman itu masih harus menjadi perhatian utama terutama BPBD Kabupaten Magelang selaku OPD yang mempunyai tugas di penanggulangan bencana.

Pada awal tahun 2023 ini per tanggal 6 Januari tercatat di logbook BPBD Kabupaten dan sistem informasi kebencanaan kabupaten ( sikk ) yang dikelola oleh BPBD tercatat 14 kejadian bencana yang masih di dominasi oleh tanah longsor.

Kecamatan Salaman yang di pangku oleh perbukitan Menoreh adalah salah satu kecamatan yang banyak memberikan data terkait dengan kejadian bencana tanah longsor.

Dampak dari kejadian per tulisan ini dirilis adalah kerusakan rumah sebanyak 2 unit rusak sedang, 6 unit rusak ringan dan terdapat 5 unit terancam, sedangkan pengungsi tercatat ada 3 jiwa.

Dalam penanganan kedaruratan BPBD Kabupaten tidak sendirian namun melaksanakan koordinasi penuh dengan pihak Forkompimcam, DPU PR, Dinsos, PMI, PLN, Pemdes setempat, komunitas relawan dan masyarakat yang diharapkan saling bahu membahu mengatasi permasalahan lapangan tersebut.

Selain melaksanakan penanganan dengan menerjunkan satuan tugas ( satgas ) BPBD Kabupaten Magelang juga memeberikan bantuan logistik bagi korban bencana maupun logistik untuk penanganan lapangan. ( admin 34 )

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara