Mitigasi Bencana Longsor Dengan Rumput Vetiver


Created At : 2019-03-03 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Artikel Dibaca : 499

BPBD Kab. Magelang, 3/3/219



Dalam rangka upaya mitigasi bencana tanah longsor di Kabupaten Magelang BPBD Kabupaten Magelang tengah melaksanakan penanaman rumput akar wangi atau vetiver di beberapa tempat yang rawan akan bahaya longsor  tepatnya di 4  kecamatan dengan 7 desa di dalamnya.


Tanaman Vetiver tersebut ditanaman di tebing –tebing tinggi  yang berada disamping pemukiman warga desa .


Tanaman Vetiver atau akar rumput wangi ini adalah sejenis rumput yang memiliki akar sepanjang 2-5 m dibawah tanah, tanaman ini mempunyai banyak manfaat antara lain dapat memperbaiki kualitas tanah dan air sehingga dapat mencegah tanah longsor, banjir dan erosi,  Vetiver tersebut ditanaman di tebing –tebing tinggi  yang berada disamping pemukiman warga desa yang dimaksudkan untuk mengurangi tingkat rawan longsor.


 Lokasi penanaman rumput vetiver adalah  di 7 desa antara lain  Di Kecamatan Salaman  sebanyak 3 desa yaitu Desa Ngargoretno, Desa Margoyoso, dan Desa Kalirejo, di Kecamatan Borobudur yaitu di Desa Giritengah, di Kecamatan Kaliangkrik yaitu di Desa Adipuro,  di Kecamatan Sawangan yaitu di Desa Wonolelo, sedangkan di Kecamatan Windusari berlokasi di Desa Windusari. admin


GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara