Longsor di Windusari dan Bandongan, BPBD Lakukan Penanganan


Created At : 2024-03-07 00:00:00 Oleh : Rian Kurniawan Berita Kebencanaan Dibaca : 179


Tanah Longsor Menutup Akses Jalan di Dusun Sudimoro, Desa Tanjungsari, Kec. Windusari pada Rabu (06/03/2024)

Tanah Longsor yang terjadi pada Rabu (6/03/2024) lalu di Dusun Cengkirangan, Desa Pasangsari dan Dusun Cengkirangan, Desa Pasangsari, Kec. Windusari yang menutup akses jalan, pada Kamis (7/03/2024) siang tadi dilakukan kerja bakti untuk membuka akses jalan.

BPBD bersama tim gabungan dari unsur TNI, POLRI, DPUPR, Pemdes dan relawan bergotong royong melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan material longsoran berupa tanah dan rumpun bambu yang sempat menutup akses jalan.

 

Sementara itu di Dusun Plembengan, Desa Banyuwangi, Kec. Bandongan, tanah longsor yang terjadi Selasa (5/03/2024) berdasarkan kajian yang dilakukan BPBD untuk sementara material tanah yang menutup akses jalan belum dapat dilakukan.

 

“Untuk di Dusun Plembengan, Desa Banyuwangi, Kec. Bandongan, dikarenakan material tanah cukup tebal dan masih jenuh air, tidak memungkinkan dilakukan secara manual, harus dengan dibantu alat berat (backhoe) milik DPUPR” ujar Edi Wasono, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang

Lebih lanjut, Edi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi dengan DPUPR untuk dukungan penanganan menggunakan backhoe di Dusun Plembengan, Desa Banyuwangi, Kec. Bandongan “Maka kami sudah koordinasikan dengan DPUPR terkait kebutuhan alat berat tersebut” sambungnya.

 

Berdasarkan perkembangan informasi terkini pada Kamis (07/03/2024) sampai dengan pukul 17.00 WIB tanah longsor di Dusun Cengkirangan, Desa Pasangsari dan Dusun Cengkirangan, Desa Pasangsari, Kec. Windusari sudah selesai dan akses jalan sudah dapat dilalui kembali.

 

Sedangkan tanah longsor di Dusun Plembengan, Desa Banyuwangi, Kec. Bandongan, sampai dengan berita ini diturunkan, material tanah masih menutup akses jalan sehingga diharapkan masyarakat yang akan menuju arah Kota Magelang via jalur alternatif Jl. Mertoyudan-Bandongan atau sebaliknya, diharpkan mencari jalan alternatif lain.

 

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara