Launching Aplikasi ELOK BPBD, Untuk Tingkatkan Pelayanan Logistik Bencana


Created At : 2022-11-21 00:00:00 Oleh : admin R32 Artikel Dibaca : 53

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang me-launching aplikasi baru bernama Elektronik Logistik Kedaruratan atau disingkat ELOK BPBD di ruang rapat Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang pada Kamis (17/11)

 


Aplikasi ELOK BPBD merupakan proyek aksi perubahan yang dilakukan oleh MHD. Muzamil selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang sekaligus sebagai peserta pelatihan kepemimpinan Diklat PIM III yang sedang dilaksanakan.

 

“Aksi perubahan tersebut dilatar belakangi oleh kondisi saat ini dimana pelayanan publik darurat bencana di BPBD Kabupaten Magelang belum optimal” katanya

 

Selama ini pengelolaan logistik pada BPBD Kabupaten masih dilakukan secara manual sehingga berpotensi menimbulkan kesalahan data yang disebabkan oleh petugas input. Dengan pencataan manual juga dikhawatirkan kesalahan input data barang dan kadang terdapat selisih jumlah barang pada waktu dilakukan stock opname. Hal tersebut riskan adanya temuan ketika dilakukan audit karena menunjukan rendahnya akuntabilitas pengadministrasian barang logistik.

 

Pada hari libur petugas input keluar masuknya barang tidak bisa melakukan tugasnya sehingga  apabila terdapat barang logistik keluar guna untuk pemberian bantuan, tidak dapat secara langsung di-input data barang keluar ke dalam data stock opname” imbuhnya.

 


Dengan terobosan atau inovasi berupa aplikasi Elektronik Logistik Kedaruratan (ELOK) BPBD diharapkan dapat mentransformasi organisasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Magelang dalam hal pemberian bantuan logistik penanganan kedaruratan bencana supaya menjadi lebih cepat dan efisien yaitu melalui sistem pelayanan publik/aplikasi berbasis teknologi informatika (website).

 

Untuk diketahui aplikasi ELOK BPBD yang dapat diakses melalui https://elokbpbd.magelangkab.go.id/, memuat fitur-fitur pengelolaan logistik seperti, data input-output data stock opname beserta laporan bulanannya. Selain itu terdapat fitur permohonan logistik, yang nantinya setiap Desa akan diberikan akses login sehingga permohonan logistik bencana dapat dilakukan secara realtime. Serta tampilan infografis untuk memantau stock opname logistik yang ada di BPBD Kabupaten Magelang.

 

”Di jangka pendek ini, sesuai dengan roadmap, peluncuran aplikasi ini kami menargetkan 3 Desa sudah dapat menerapkan aplikasi ELOK BPBD. Ke depannya, dengan beberapa perbaikan dan penambahan fitur, kami akan menerapkan ke 25 Desa pada jangka menengah, sedangkan di jangka panjang harapannya 372 Desa atau semua Desa di Kabupaten Magelang sudah mengimplemtasikan aplikasi ini” ungkap Muzamil, selaku project leader aksi perubahan.

  

Hadir dalam pelaksanaan launching aplikasi ELOK BPBD yaitu Edi Wasono, S.H. selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang selaku mentor proyek aksi perubahan, unsur struktural BPBD, anggota tim efektif, dan tim dari Diskominfo. Hadir pula perwakilan kepala desa rawan bencana (Kepala Desa Deyangan, Kepala Desa Tamanagung, Kepala Desa Menoreh) dan juga jajaran satgas penanggulangan bencana BPBD Kabupaten Magelang. Sehingga total peserta hadir yaitu sebanyak 40 peserta dalam peluncuran aplikasi ELOK BPBD pada Kamis (17/11).

 

“Kami sangat mengapreasiasi terhadap implementasi aksi perubahan yang dilakukan oleh MHD Muzamil yaitu mewujudkan aplikasi ELOK BPBD untuk pengelolaan dan permohonan logistik kebencanaan diharapkan dengan hadirnya aplikasi ini memudahkan pelaksanaan pelayanan permintaan logistik penanganan kedaruratan bencana dari masyarakat menjadi lebih baik dan lebih cepat” ungkap Edi dalam sambutanya.

 

“Semoga aplikasi ELOK BPBD dapat berkelanjutan untuk jangka panjang dan terus dikembangkan dengan fitur-fitur yang lebih baik didalamnya sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik BPBD berbasis digital” tutup Edi.



GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara