Kunker BPBD Kabupaten Garut Study Banding SIKK


Created At : 2022-03-24 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Berita Utama Dibaca : 117

Magelang, 24/3/2022


 

Sekitar 10 orang personil dari BPBD Kabupaten Garut , Jawa barat hari ini Kamis, 24/3 melaksanakan kunjungan kerja ( Kunker ) ke BPBD Kabupaten Magelang dalam rangka study banding sistem informasi kebencanaan serta proses penanganan kedaruratan.

 

Ditemui langsung  oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono, SH yang didampingi oleh  Kepala Sekretariat Muflichah Roychani, ST, MM rombongan disambut di lantai 2 gedung Pusdalops untuk saling sapa perkenalan dan juga mendengarkan maksud tujuan kunker dari perwakilan rombongan yang kemudian mendengarkan paparan dari Kepala Pelaksanan BPBD Kab. Magelang.

 

Dalam paparannya Edi Wasono, SH menerangkan penerapan alur dan prosedur  perjalanan informasi dari lapangan hingga bagaimana respon lanjut untuk  mensikapi informasi awal , BPBD Kabupaten Magelang mempunyai prinsip kerja cepat  dan kerja tepat dimana jika dalam kurun waktu 5 menit belum mendapatkan arahan dari atasan akan satu hal kejadian maka Satgas bisa bergerak ke lokasi kejadian jika memang itu sangat urgent.

 

Informasi awal akan didalami dan diolah terlebih dahulu di Pusdalops guna mendapatkan gambaran utuh, kemudian baru disampaikan ke atasan untuk mendapatkan respon serta arahan selanjutnya, dalam situasi ini Pusdalops akan mencatat setiap ada perkembangan atau update dari suatu peristiwa.

Sistem informasi kebencananaan BPBD Kabupaten Magelang pada saat tersebut langsung diisi oleh petugas Pusdalops agar masyarakat mendapatkan informasi tentang kejadian bencana pada hari itu juga.

 

Pada sesi terakhir kunjungan rombongan ini melihat kegiatan di ruang Pusat Pengendali Operasi dan melihat bagaimana sistem informasi kebencanaan tersebut dijalankan .( admin r34 )

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara