Gunung Andong Hari Ini Kembali Kebakaran


Created At : 2021-09-10 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Berita Kebencanaan Dibaca : 140

Magelang, 10/9/21


Terjadi kebakaran lahan/hutan di Gunung Andong tepatnya di wilayah Dusun Temu Kidul , Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak pada Jum'at, 10 September 2021 sekitar pukul 11.52 WIB.

Menurut Arif salah seorang petugas dari Perhutani KPH Kedu Utara kebakaran tersebut berada di petak 26 E dan 26 G yang merupakan area dengan vegetasi rumput jenggolo, ilalang dan semak belukan adapun  penyebabnya belum diketahui.

BPBD Kabupaten Magelang begitu mendapatkan laporan dari salah seorang warga Kecamatan Ngablak langsung berkoordinasi dengan pihak Perhutani KPH Kedu Utara serta meberangkat tim untuk melaksanakan pemadaman di lokasi.

Tim gabungan yang terdiri dari Perhutani KPH Kedu Utara, BPBD Kabupaten Magelang, Satpol PP dan PK, Koramil Ngablak, Polsek Ngablak dan relawan MPA bahu membahu untuk melakukan pemadaman serta melaksanakan koordinasi lebih lanjut, tim gabungan sendiri dalam berjibaku sampai dengan pukul 17.50 WIB yang kemudian turun ke basecamp karena cuaca sudah gelap dan medan yang curam.


Dalam koordinasinya ada beberapa point yang akan ditindak lanjuti seperti pihak Perhutani akan selalu mengupdate perkembangan situasi, menyusun rencana strategi penanganan kebakaran, membuat ilaran/sekat dan  melakukan sosialisasi serta  himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah di Gunung Andong maupun membuang putung rokok sembarangan.

Hingga malam ini tim di lapangan melaporkan masih terdapat 3 ( tiga ) titik api dan hanya bisa dilakukan dengan pemantauan.

Menurut Pihak Perhutani Kedu Utara kebakaran hutan/lahan di gunung Andong hari ini menghanguskan sekitar 2 hektar lahan. {admin}


GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara