Fasilitasi Pembentukan Desa Bersaudara Tahun 2015


Created At : 2015-08-06 03:27:59 Oleh : BPBD Berita Kebencanaan Dibaca : 398

Mitigasi bencana sebagaimana dituangkan dalam undang-undang tentang penanggulangan bencana diartikan sebagai serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik (mitigasi struktural) maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (mitigasi non struktural). Sebagai contohnya kesiapsiagaan sebagai bagian dari mitigasi nonstruktural ini merupakan salah satu langkah pengurangan risiko bencana. Bercermin dari pengalaman penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi korban erupsi gunung Merapi lima tahun silam, Kabupaten Magelang memunculkan program penanggulangan bencana berbasis komunitas, yang oleh penggagasnya disebut dengan sister village atau desa bersaudara. Konsep dasar dari sister village ini adalah adanya kerjasama antara desa rawan bencana erupsi sebagai asal pengungsi dengan desa diluar kawasan rawan bencana atau tidak terkena dampak erupsi sebagai tempat pengungsian.  Sebagai salah satu simpul kesiapsiagaan terhadap bencana, sister village ini diharapkan mampu mewujudkan kepastian tempat pengungsian, mengurangi kapanikan dan kesemrawutan proses pengungsian, memudahkan pelayanan pengungsi, dan mengurangi risiko bencana serta menjamin pemerintahan desa tetap bisa berjalan. 
Pada tahun 2015 ini BPBD Kabupaten Magelang telah memfasilitasi 2 (dua) pasang desa bersaudara yang terdiri dari 2 (dua) desa di KRB (Kawasan Rawan Bencana) III dengan pasangannya  3 (tiga) desa yang berada di KRB I  yaitu desa Kalibening yang berada di wilayah Kecamatan Dukun berpasangan dengan desa Adikarto dan Tanjung yang berada di Kecamatan Muntilan ini adalah pasangan  yang pertama, kemudian untuk pasangan yang kedua adalah desa  Nglumut Kecamatan Srumbung berpasangan dengan desa Sucen yang berada di Kecamatan Salam keseluruhan terdiri dari lima desa.
Fasilitasi ini sendiri sedianya akan dilaksanakan dalam dua (2) gelombang yang akan diikuti oleh ±100 orang peserta. Untuk gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 3, 4, 5, 6, 8 dan gelombang kedua insyaallah dilaksanakan pada akhir bulan agustus 2015 ini.

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara