Curah Hujan Tinggi, Rumah Warga Tergenang Air Luapan di Mungkid


Created At : 2024-03-07 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Berita Kebencanaan Dibaca : 188

Air luapan menggenangi salah satu rumah warga di  Dusun Dukuhan , Desa bojong, Mungkid

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi pada Selasa (05/03/2024) lalu sejak siang hingga sore hari mengakibatkan banjir luapan di Kecamatan Mungkid. Akibat kejadian tersebut beberapa sempat rumah terendam dan ruas jalan juga sempat tergenang air.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono, mengatakan bahwa curah hujan di Kabupaten Magelang dalam tiga hari terakhir memang mengalami peningkatan cukup tinggi sehingga mengakibatkan bencana alam dibeberapa titik lokasi.

“BMKG telah merilis peringatan dini cuaca di Kabupaten Magelang memang beberapa hari terakhir intensitas hujan cukup tinggi, kondisi ini yang menyababkan bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Magelang kemarin” kata Edi

Lebih lanjut, Edi menjelaskan, banjir yang dimaksud terjadi pada Selasa (05/03/2024) yaitu di Dusun Kadipiro dan Dusun Gatak, Desa Mungkid dan Dusun Dukuhan, Desa Bojong Kecamatan Mungkid yang mengakibatkan beberapa rumah sempat terendam

“Banjir luapan air tersebut sempat mengakibatkan sekitar dua belas rumah terendam sampai lutut orang dewasa, selain itu luapan air sempat mengganggu kendaraan di beberapa titik ruas jalan Sokarno-Hatta (Mungkid)” Jelas Edi.

Berdasarkan kajian yang dilakukan BPBD, banjir luapan tersebut selain curah hujan tinggi juga debit air dari Sungai disekitarnya mengalami peningkatan. Selain itu sampah-sampah di sekitar jalan juga sempat menyumbat saluran air di beberapa titik.

BPBD bersama tim gabungan langsung melakukan respon penanganan darurat kerja bakti dengan melakukan pembersihan dan penyedotan air pada rumah-rumah terdampak. Hingga pada malam hari (05/03/2024) genanganan air sudah mulai surut.
GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara