Cuaca Ekstreem Sebabkan 13 Titik Longsor dan Kerusakan Rumah


Created At : 2022-12-16 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Berita Kebencanaan Dibaca : 160

Magelang, 16/12/22


Hujan dengan intensitas sedang - lebat  yang disertai dengan angin kencang yang terjadi di Kabupaten Magelang pada Kamis, 15/12 sejak pukul 14.00 WIB telah menyebabkan sedikitnya 19 kejadian bencana di Kabupaten Magelang.

Kejadian bencana tersebut berupaangin kencang di 4 Kecamatan yaitu Mertoyudan, Borobudur, Salaman dan Sawangan, adapun dampak dari kejadian ini adalah pepohonan yang rubuh namun hanya berdampak pada tertutupnya akses jalan serta menimpa kabel listrik milik PLN.

Penanganan terhadap kejadian angin kencang ini melibatkan tim gabungan diantaranya BPBD, TNI, POLRI, Damkar, PLN dan relawan dan masyarakat setempat.

Belum usai penanganan terhadap angin kencang BPBD Kabupaten Mendapatkan laporan secara beruntun kejadian bencana tanah longsor di 3 Kecamatan yaitu, Borobudur, Salaman dan Sawangan dimana sedikitnya 6 rumah warga teridentifikasi rusak ringan dan 10 lainnya masih terancam.

Sedari sore hingga malam hari tim BPBD Kabupaten Magelang segera melaksanakan asessment serta koordinasi dengan Pemerintah desa setempat guna merencanakan penanganan lebih lanjut karena tidak mungkin penanganan dilaksanakan secara keseluruhan pada malam itu juga karena selain faktor cuaca yang tidak mendukung penanganan pada malam hari tentunya beresiko tinggi terhadap keselamatan manusia.

Terdapat 2 titik yaitu di Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur dan Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman yang penanganan lapangan membutuhkan support alat berat dari DPU PR.

Hingga berita ini dilansir oleh BPBD Kabupaten Magelang penanganan lapangan bersama tim gabungan masih berlangsung dan jika hari ini tidak selesai maka akan dilanjutkan pada esok hari, penanganan tanah longsor sendiri melibatkan BPBD,TNI, POLRI, Komunitas relawan, Pemdes setempat, serta masyarakat sekitar.


Selain secara langsung BPBD Kabupaten Magelang menerjunkan tim penanganan dan sebagai incident comander lapangan telah dikirimkan juga logistik untuk support kerja bakti dan bantuan bagi korban bencana.( admin r34 )

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara