Banjir Bandang Di Borobudur 2 Rumah Rusak dan 11 Kambing Mati


Created At : 2022-10-12 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Berita Kebencanaan Dibaca : 290

Magelang, 11/10/22


Terjadi hujan dengan intensitas deras di Kecamatan Borobudur pada selasa, 11 Oktober 2022 yang menyebabkan terjadinya tanah longsor yang disusul dengan banjir bandang di Dusun Nalan III, Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur sekitar pukul 13.00 WIB.

Dampak dari kejadian tersebut 2 rumah rusak sedang, 1 kandang ternak rusak berat, dan 11 ekor kambing mati, hasil kajian yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Magelang di lapangan , banjir bandang disebabkan oleh tebing yang longsor dengan dimensi tinggi 50 m dan panjang 30 m dengan kemiringan tebing 75 derajat .

Adapun jarak tebing dengan lokasi kejadian sekitar 100 m namun dikarenakan curah hujan yang tinggi dan tebing yang curam maka tanah menjadi gembur , material longsoran berupa bebatuan, kayu dan rumpun bambu yang terbawa sampai kebawah.

Hasil daripada assessment lanjutan sembari melaksanakan penanganan kedaruratan bersama tim gabungan  lokasi tersebut masih berpotensi terjadi longsor susulan karena di sekitar tebing dan makhota longsor masih jenuh air dan tanah gembur.

Hasil koordinasi BPBD bersama Camat Borob udur, Pemdes Kenalan dan  tim lapangan untuk penanganan bencana banjir bandang bahwa :

1. Penanganan akan dilanjutkan besok pagi akan dimulai apel pagi untuk breafing pukul 08.00 WIB

2. Membuka Pos lapangan dan mulai aktif pada malam hari ini, Pos lapangan dimaksud sekalian untuk membackup titik-titik lokasi longsor yang lain yang tidak jauh dr lokasi utama.

3. Untuk komandan Pos lapangan akan dipimpin oleh Kapala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang.

4. Untuk akses alat berat backhoe (kecil) rencana akan di support oleh Desa milik swasta & pribadi, jika tidak memungkinkan akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan DPU

5.  Untuk pengungsi malam hari ini mengungsi di rumah  saudara yang tidak jauh dari lokasi

6. Fokus penanganan adalah  normalisasi aliran air dan pembersihan material longsoran pada rumah terdampak

7. Kebutuhan dasar pengungsi akan dipenuhi oleh BPBD

8. Struktur Pos Lapangan :

- Komandan : Kepala Pelaksana BPBD Kab. Magelang

- Koordinator bidang darurat : Kabid Kedaruratan dan Logistik

- Sektor Manajemen Pos Lapangan : BPBD

- Sektor DU : Warga setempat

- Sektor Kesehatan : PMI 

9. Kebutuhan besok ; Peralatan alcon sebanyak  2 set, Chainsaw sedang  2 buah dan kecil 2 buah, Pompa: 1 set (tanap selang buang), Logistik kerja bakti untuk 200 orang, Kebutuhan ATK Pos lapangan, BBM peralatan.

Malam ini BPBD Kabupaten Magelang telah mengirimkan logistik untuk pengungsi dan untuk kesiapan dapur umum sebagai support penanganan lanjutan esok pagi. ( admin r34 )

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara