Akses Jalan Tertutup Longsor di Gejagan Pakis


Created At : 2021-12-28 00:00:00 Oleh : MUFLICHAH ROYCHANI Berita Kebencanaan Dibaca : 82

Magelang, 28/12/21



Hujan intensitas sedang yang terjadi di Kecamatan Pakis senin, 27 /12 sejak pukul 12.00 WIB hingga sore hari menyebabkan tebing setinggi ± 5 meter, panjang 3 meter, dan tebal 2 meter yang berada di Dusun Wonogiri, Desa Gejagan, Kecamatan Pakis mengalami longsor sekitar pukul 16.30 WIB.


Dampak dari kejadian tersebut menutup akses jalan alternatif Desa Gejangan, Kecamatan Pakis dengan Desa Senden, Kecamatan Grabag dan total tidak bisa dilalui karena material menutup seluruh badan jalan.


Penanganan dilaksanakan pada 28/12 karena memang cuaca tidak memungkinkan untuk segera ditangai sore itu mengingat hujan masih mengguyur deras serta hari semakin gelap disamping kekhawatiran terjadi longsor susulan.


Menjadi Incident Comander pada penanganan di Desa Gejagan Kecamatan Pakis adalah beliau Drs. Sugeng Riyadi selaku Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Magelang yang dalam hal ini dibantu oleh personil satgas PB serta relawan dengan kekuatan sekitar 50 personil, pada assessment lanjutan serta hasil  koordinasi dengan Pemerintah Desa Gejagan sangat perlu untuk ditanami rumput Vetiver sebagai bentuk mitigasi penguatan tebing, lebih lanjut beliau mengatakan akan segera melakukan langkan-langkah pencegahan yang bisa dilaksanakan oleh BPBD mengingat lokasi tersebut kerap sekali terjadi longsor , jadi sangat perlu di treathment pungkasnya. ( admin/r34 )

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara